Selasa, 18 November 2014

Ikan Bandeng

Ikan bandeng memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang luarbiasa?. Bandeng adalah jenis ikan air payau yang banyak dibudidayakan di Asia tenggara, dan sudah sangat populer sebagai masakan bergizi untuk keluarga Indonesia. Rasanya yang gurih, dan bisa dimasak enak untuk berbagai macam jenis sajian kuliner. Bandeng presto, Bali bandeng, bandeng asap, adalah beberapa diantaranya yang bayak disukai masyarakat.

Bandeng dalam kehidupannya dialam, aslinya banyak berkembang di samudera hindia dan samudera pasifik, hidup berkelompok disekitar tepi pulau dan daerah karang. Ikan bandeng yang masih muda biasanya hidup selama 2-3 minggu di laut lepas, dan kemudian akan pindah kedaerah rawa -rawa hutan mangrove dengan air payau. Ikan yang bayak duri halus ini akan kembali lagi ke laut, ketika sudah siap bereproduksi dan mulai berkembang biak lagi. Dengan demikian, hampir mirip dengan siklus kehidupan ikan salmon, bahkan banyak yang mengatakan jika gizi ikan bandeng tidak kalah dengan ikan salmon yang fenomenal dalam hal kesehatan dan gengsi tersebut. Benarkah?… Ketahui lebih banyak tentang ikan bandeng dan kandungan gizinya. Bandeng juga mengandung tinggi mineral, vitamin, dan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan, sama halnya dengan salmon atau jenis ikan lain.

Ikan bandeng juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan, bahkan kecerdasan otak anak. Ikan yang juga disebut dengan “Milkfish” ini lebih disukai karena tidak terlalu amis, lezat, tidak asin seperti ikan lainnya, dan tidak mudah rusak saat dimasak. Kelemahan utama dari ikan bandeng adalah durinya yang sangat banyak,  dan kadang-kadang ada yang bau seperti tanah. Yang berbau tanah biasanya bandeng yang dibudidayakan di tambak, dan tidak jika dibudidayakan daerah aliran yang airnya mengalir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar